Kamis, 07 April 2016

KENAPA KAMU HARUS MASUK FAKULTAS BIOLOGI UGM

Hai adik - adik pembaca yang mungkin sedang bingung mau milih jurusan apa dan di universitas mana..... baca artikelku ya...


Why I should choose UGM?
Karena UGM itu merakyat . Universitas Gadjah Mada, selalu masuk ke 10 kampus terbaik di Indonesia. Menghasilkan Presiden Indonesia, Menteri- menteri, wakil presiden dan sebagainya. Lokasi kampusnya nyaman dan istimewa. Disini dekat dengan pantai dan pegunungan. Jika kamu suka jalan - jalan ke Pantai, ada banyak pantai yang bisa kamu sambangi, ada pantai Drini, Krakal, Watu Kodok dan sebagainya. Gak suka ke Pantai? takut panas? Yuk kita ke Kalibiru, ke Kebun Buah Mangunan, ke Hutan Pinus, disana kamu bisa rekreasi dan ambil foto yang benar - benar instagrammable. Disini juga banyak banget diadakan seminar- seminar nasional, hampir setiap idaminggu ada seminar nasional yang diadakan oleh berbagai jurusan. Dosen - dosennya? wah jangan ditanya, berbagai penghargaan banyak didapat oleh dosen UGM dan kebanyakan lulusan luar negeri dengan beragam publikasi. Suasananya nyaman, manusia dengan beragam suku kamu bisa kamu  temui disini, dari yang Jawa, Batak, Sunda, Papua, Ambon pokoknya beragaam deh meskipun paling banyak dari Jawa Tengah/ Jawa Timuur.


Nah, kalo udah pilih UGM kenapa harus biologi?
Kenapa Biologi? Karena..... biologi itu menarik. Buat kamu anak jurusan IPA, jurusan biologi / fakultas biologi boleh banget looh jadi salah satu rekomendasi kamu untuk memilih jurusan. Karenaaaaa prospeknya banyak banget, ksamu bisa jadi tim Disaster Victim Identification, bisa bekerja di  Departemen Gizi, di Pabrik sebagai Quality Control, jadi dosen, bekerja di Kebberun Raya, pusat penelitian seperti LIPI, BPTP, Balitvet, BB Biogen, BB Benih , di berbagai perusahaan seperti Eijkman, Biorad. Kamu bisa bekerja di Indofood, nutrifood, minuman di bidang quality control. Kamu juga bisa bekerja di Kapolri bagian forensik.. wah menarik yaa? udah tertarik de? Ka...maunya bekerja di lingkungan- lingkungan gitu? Ohh gitu dek, kamu bisa banget ngambil Biologi UGM terus penjurusan di bidang lingkungan, nanti kamu bisa bekerja di bagian Bioremediasi. Wah apa tuh ka bioremediasi? Bioremediasi itu semacam degradasi / pemecahan bahan - bahan limbah/polutan ke dalam ukuran yang lebih kecil sehingga tidak membahayakan. Selain itu, ecologist (ahli ekologi) juga dibutuhkan dalam misalnya pembentukan Taman Wisata, Pengelolaan Hutan dan Kebun Raya, Penanganan berbagai masalah lingkungan. Selain itu , jika kamu ingin menjadi entrepreneurship sejati kamu sangaat bisa masuk biologi, kamu akan diajari genetika dan mengetahui teknik poliploidi, kamu bisa mengembangkan melon kecil, melon dengan lambang UGM, strawberry besar dan lainnya. Sangat baik memilih biologi menjadi jurusanmu


Hmm gitu ya Kak, susah engga sih masuk Biologi UGM?
Gampang kok dek, asal kamu mau belajar, berusaha dan berdoa. Disini jalurnya ada SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri :))


Kira- kira ngapain aja sih Ka di jurusan Biologi?
Hmm kalian akan menghadapi nikmatnya praktikum  hampir setiap hari, pre test, mengerjakan indahnya laporan, review jurnal, ujian tengah semester, ujian akhir semester, quiz yang dadakan, menghadapi praktikum lapangan, menikmati indahnya seminar, kerja praktik, kkn dan skripsi.


Kalo aku suka bikin  penelitian gitu dan berorganisasi bisa nggak Kak?
Waah itu sih bisa bangeet dek, disini hampir semua dosen memiliki proyek penelitian yang bisa kalian ikutiii <3. Nah UGM juga salah satu Universitas yang paling banyak mendapatkan hibah PKM (Penelitian Kreativitas Mahasiswa) nah jadi peluang kamu buat meneliti tinggi loh. Selain itu kamu juga bisa ikut kelompok studi dan lembaga yang ada disana, misalnya Biology's Orchid Study Club, buat kalian para pecinta anggrek, nanti kalian akan mempelajari seluk beluk anggrek, konservasinya, budidaya bahkan hingga penyilangan dan penjualannya. Jika kalian cinta travelling, boleh banget 
masuk Kelompok Studi Kelautan, disana bakal sering jalan- jalan ke Pantai, Snorkeling, eksbplorasi bahkan Ekspedisi~ Buat kalian yang suka design design taman merawat taman boleh banget ikut Kelompok Studi Arsitektur Taman dan buat kalian yang aktivis banget boleh banget ikuut BEM Biologi. Kalo yang hobbi nari ada ratoeh keumalahayati, yang udah terkenal banget ada juga Paradisaee.

Kakkk ada beasiswa gitu ngga? 
Waah banyak dek beasiswa yang ditawarkan, misalnya Cargill Global Scholarship, Beasiswa Djarum, Pertamina Sobat Bumi, Karya Salemba Empat, Beasiswa Bidik Misi dan Beasiswa Tanoto Foundation. Beasiswa Ke luaaar negeri S2 /S3 juga insya allah ada :)) asal kalian mau berusaha:))


Oke dek, jadi mulai sekarang boleh banget lho pikirin Biologi UGM sebagai salah satu jurusan yang akan kamu pilih di  SNMPTN, SBMPTN ataupun UM :))


Tidak ada komentar:

Posting Komentar