Kamis, 21 Februari 2013

PIDATO GLOBAL WARMING SINGKAT


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh . Selamat pagi serta salam sejahtera .
Yang terhormat ibu guru selaku guru bahasa Indonesia , serta teman –teman yang saya sayangi.  Puji syukur kepada tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan karunianya sehingga kita dapat berkumpul di hari yang berbahagia ini . Terimakasih kepada teman- teman yang telah mengizinkan saya untuk berpidato pada kali ini . Pada kali ini perkenankanlah saya untuk mengucapkan sepatah dua patah kata  mengenai pemanasan global.

Pemanasan global atau global warming mungkin tidak asing lagi di telinga kita . Pemansan global adalah proses peningkatan suhu rata-rata di bumi disebaban karena menipisnya lapisan ozon . Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia" melalui efek rumah kaca. Dampak terjadinya pemanasan global berupa iklim yang mulai tidak stabil, peningkatan permukaan air  laut. Perubahan tinggi muka laut akan sangat memengaruhi kehidupan di daerah pantai. Kenaikan 100 cm (40 inchi) akan menenggelamkan 6 persen daerah Belanda, 17,5 persen daerah Bangladesh, dan banyak pulau-pulau. Erosi dari tebing, pantai, dan bukit pasir akan meningkat.Suhu global cenderung meningkat, serta gangguan ekologis

Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan. Spesies-spesies yang bermigrasi ke utara atau selatan yang terhalangi oleh kota-kota atau lahan-lahan pertanian mungkin akan mati. Beberapa tipe spesies yang tidak mampu secara cepat berpindah menuju kutub mungkin juga akan musnah.
Dampak sosial dan politik
Ditambah pula dengan polusi udara hasil emisi gas-gas pabrik yang tidak terkontrol selanjutnya akan berkontribusi terhadap penyakit-penyakit saluran pernapasan seperti asma, alergi, coccidiodomycosis, penyakit jantung dan paru kronis, dan lain-lain.
Nah, ternyata kita juga berperan sangat penting memperburuk keadaan bumi akibat dari Pemanasan Global...
Mari kita cegah mulai dari diri kita sendiri, dan dari sekarang, untuk tidak membuat keadaan bumi menjadi lebih buruk
1. Hemat pemakaian listrik. Gunakan Listrik seperlunya. Jangan buang-buang energi listrik walaupun kita mempunyai uang untuk membayar tagihan listrik.
2. Kurangi pemakaian gas CFC yang terdapat pada hair spray , AC , serta peralatan lainnya .
3. Tanam pohon-pohon atau tanaman di skeliling kita.
4. Kurangi pemakaian kendaraan bermotor.

Teman teman yang saya banggakan , marilah kita melakukan langkah langkah tersebut agar tidak memuat keadaan bumi semakin memburuk karena sedikit langkah kecil membawa perubahan besar .Sekian dari saya semoga bermanfaat , mohon maaf apabila terdapat kata yang kuran berkenan dihati hadirin sekalian .Wassalamualaikum Wr.Wb .


4 komentar: